SEO YouTube: Cara Menemukan Kata Kunci Penghasil Lalu Lintas
Ingin meningkatkan peluang video Anda muncul di hasil penelusuran YouTube? Inilah proses riset kata kunci yang bisa Anda ikuti.
Pemasaran video bukan lagi strategi pemasaran yang “baik untuk dimiliki”. Ini telah menjadi kebutuhan pemasaran digital untuk hampir setiap bisnis
Jika Anda belum terjun ke kolam pembuatan video, sekaranglah waktunya untuk terjun.
Mengapa?
Orang suka menonton video. Apa pun jenis bisnis yang Anda miliki, video dapat membantu Anda menjual lebih banyak produk atau layanan. Dan jika menurut Anda pemasaran video tidak sesuai dengan industri Anda, inilah saatnya untuk menggunakan pikiran kreatif Anda
Misalnya, jika Anda seorang tukang ledeng dan Anda memposting video tentang kiat pipa ledeng sederhana yang dapat digunakan orang untuk memecahkan masalah pipa ledeng kecil mereka, menurut Anda, perusahaan pipa mana yang akan mereka hubungi ketika mereka memiliki masalah pipa ledeng yang besar? Ya. Anda! (Lihat cara kerjanya?)
Dan Anda akan menemukan bahwa banyak YouTuber adalah penggemar berat. Mereka menonton semua jenis video tentang cara membuat pintu yang terkunci, membuat burger yang sempurna, dan segala sesuatu di antaranya.
Anda dapat menemukan video tentang cara melakukan hampir semua hal di YouTube. Dan jika Anda perhatikan, Anda akan menemukan bahwa sebagian besar video ini terkait dengan beberapa jenis bisnis – seperti tukang kunci atau kedai burger.
Jadi, jika Anda ingin orang-orang menonton video Anda dan mengambil tindakan – apakah itu untuk melihat lebih banyak video di saluran YouTube Anda atau membuka tautan yang ada di deskripsi video Anda – Anda harus mengarahkan orang ke video Anda.
Itu berarti Anda perlu menarik algoritme YouTube ke video Anda.
Seperti algoritme Google, algoritme YouTube terdiri dari ratusan faktor yang menentukan posisi peringkat video.
Namun sama seperti pencarian di Google, semuanya dimulai dengan kata – kata kunci dan frase kata kunci.
Agar video Anda ditemukan di YouTube, Anda perlu menguasai menemukan kata kunci yang tepat untuk menargetkan video Anda dan kemudian menempatkan kata kunci tersebut secara strategis di mana mereka harus pergi.
Bagaimana melakukan penelitian kata kunci YouTube?
Kata kunci adalah faktor peringkat penting untuk video YouTube.
Mirip dengan mesin pencari Google, YouTube ingin menunjukkan kepada orang-orang video yang paling relevan menurut kata kunci atau frase kata kunci yang dicari orang.
Saat melakukan penelitian kata kunci untuk YouTube, Anda ingin menemukan kata kunci yang akan mengarahkan lalu lintas ke video Anda – frasa yang sering dicari orang.
Salah satu tempat terbaik (dan gratis) untuk mencari kata kunci adalah YouTube itu sendiri.
Saat Anda membuka YouTube dan memulai penelusuran, YouTube akan menawarkan "prediksi penelusuran". Ini adalah frase kata kunci yang sebenarnya dicari orang di YouTube.
Jika anggaran Anda terbatas, ini cara yang bagus untuk menemukan beberapa kata kunci sebagai titik awal! (Ini juga cara yang bagus untuk mendapatkan ide konten video.)
Jenis alat ini akan memberi Anda informasi yang lebih kuat tentang kata kunci sehingga Anda bisa lebih strategis tentang kata kunci yang Anda targetkan.
Mari kita lihat Peringkat SE sebagai contoh. Ini adalah alat perangkat lunak SEO tradisional, tetapi kami masih dapat memperoleh beberapa wawasan hebat tentang jenis kata kunci apa yang harus kami fokuskan untuk video YouTube kami.
Misalnya, saat kita memasukkan "cara membersihkan bak cuci piring" sebagai frase kata kunci, kita akan mendapatkan ide kata kunci dan frase kata kunci yang terkait secara semantik.
Saat Anda mengeklik Lihat laporan terperinci , Anda akan melihat banyak informasi tentang setiap frase kata kunci.
Meskipun info ini terkait dengan penelusuran Google, Anda tetap dapat mengekstrapolasi dan menggunakannya untuk YouTube.
Satu hal penting yang harus dicari dalam tampilan ini adalah video yang muncul di fitur SERP.
Anda dapat melihat hasil langsung atau menyalin ke papan klip dan menempelkan hasil SERP di jendela baru untuk melihat jenis video apa yang muncul di hasil pencarian Google.
Jika video muncul di halaman pertama Google, maka itu adalah kata kunci yang bagus untuk ditargetkan. (Jika Anda melihat video di SERP, kemungkinan besar itu adalah video YouTube.)
Ini adalah kata kunci yang sempurna untuk mengoptimalkan video YouTube Anda karena Anda tahu bahwa Google sudah menampilkan video di hasil pencarian.
Anda tidak hanya dapat memberi peringkat video Anda di YouTube, tetapi Anda juga memiliki peluang untuk menampilkan video Anda di hasil pencarian Google.
Sekarang yang harus Anda lakukan adalah membuat video Anda lebih baik dan lebih informatif daripada pesaing Anda dan mengoptimalkan opsi video YouTube Anda secara lebih strategis untuk (mudah-mudahan) mengambil alih tempat mereka di Google SERPs.
Menggunakan alat SEO tradisional dapat membuat penelitian kata kunci Anda untuk kehidupan YouTube jauh lebih mudah.
Gunakan alat SEO YouTube untuk menemukan kata kunci yang tepat untuk pengoptimalan video Anda
Jika Anda ingin menemukan kata kunci yang tepat untuk video YouTube, cobalah beberapa alat yang dibuat khusus untuk pemasaran YouTube.
Pencarian kata kunci
Anda dapat menemukan kata kunci menggunakan "algoritme AI" Pencarian Kata Kunci, yang dikembangkan oleh pakar pemasaran YouTube teratas.
Alat:
- Mendasarkan semua datanya langsung pada hasil penelusuran YouTube dari sudut pandang pengguna.
- Mengikis dan menganalisis data YouTube untuk membantu Anda menemukan kata kunci terbaik untuk digunakan saat mengoptimalkan video Anda di YouTube.
Ini memungkinkan Anda mengembangkan strategi konten pemasaran video dengan lebih baik dan merencanakan kata kunci mana yang akan Anda targetkan.
Anda juga dapat menggunakan fitur "Koleksi" alat untuk melacak semua kata kunci, video, dan pesaing yang Anda lacak.
Pada tingkat paling dasar, menggunakan Pencarian Kata Kunci semudah memasukkan frase kata kunci di bidang pencarian:
Anda kemudian akan mendapatkan banyak frase kata kunci untuk ditinjau dan melihat volume pencarian bulanan rata-rata di YouTube untuk setiap kata kunci.
Saat Anda menganalisis hasil kata kunci yang Anda dapatkan, jika Anda melihat kata kunci dengan "tren", klik panah bawah untuk melihat tren secara mendetail – poin tertinggi dan terendah.
Jika Anda melihat topik hangat dan sedang tren selama sebulan terakhir (atau sekarang), siapkan kamera Anda, buat video, dan optimalkan untuk frasa kata kunci yang sedang tren tersebut.
Membuat dan mengoptimalkan video untuk topik yang sedang tren akan meningkatkan peluang video Anda untuk dicari dan ditemukan di YouTube!
Ini adalah kata-kata tambahan untuk dipertimbangkan dalam mengoptimalkan video Anda. Anda dapat melihat:
- Seberapa mirip kata tersebut dengan kueri penelusuran asli Anda.
- Volume pencarian rata-rata.
- Tren, jika ada.
Informasi ini sangat berharga karena Anda dapat melihat:
- Peringkat video untuk frase kata kunci.
- Jumlah penayangan yang diterima setiap video.
- Judul video mereka dan sebagian deskripsi video.
Sebagai bonus ekstra spesial, mengeklik tautan judul akan membuka pop-up tempat Anda dapat menonton video.
Pencarian Kata Kunci adalah salah satu alat penelitian kata kunci YouTube favorit saya sejauh ini. Tetapi ada alat perangkat lunak khusus YouTube lainnya yang juga harus Anda periksa.
.png)
.jpeg)









